E-commerce Indonesia@ccess

Penghubung Pelaku Usaha UMKM dan Koperasi dengan Konsumen Komoditi

Forum Group Discussion (FGD), dalam rangka pre-launching E-commerce bernama “Indonesia@ccess”, yang diselenggarakan oleh PT Valdo Investama, berlangsung Kamis siang, 21 Juli 2016, di Harvest Room Lt.5 Gedung Plaza Semanggi, Jakarta. FGD yang dihadiri oleh berbagai perusahaan Consumer Goods dan para awak media itu, dimaksudakn untuk sharing dalam menyiapkan peluncuran Indonesia@ccess, pada tanggal 18 Agustus 2016, mendatang.

Sedangkan PT Valdo Investama, merupakan perusahaan investasi, sekaligus induk usaha yang bergerak di Industri Manage Services, Media, dan Teknologi.

acessPresident Direktur dan CEO PT Valdo Investama, Reza Valdo Maspaitella, dalam paparannya menyampaikan bahwa Indonesia@ccess adalah solusi dan trobosan penting sebagai one stop platform digital, yang secara khusus mewadahi dan menjadi jembatan penghubung bagi para pelaku usaha UMKM serta Koperasi (petani, nelayan, pengrajin, pedagang, home industry) di seluruh Indonesia dengan konsumen komoditi lokal dan internasional secara langsung. Selain itu, Indonesia@ccess merupakan one stop market place untuk para stakeholder dalam informasi pencarian komoditi dari para produsen lokal Indonesia.

Sepintas, Reza Valdo Maspaitella mengemukakan, produk platform digital Trading@ccess yang dirancang oleh PT Valdo Investama merupakan one stop platform yang menyambung mata rantai nilai (value chain) para produsen ke para pedagang, maupun dari produsen langsung kepada para konsumen yang terpadu dengan sistem logistik maupun pembayaran secara online.

“Dengan semangat dari kita, oleh kita, untuk kita,” demikian Reza Valdo Maspaitella, Indonesia@ccess membangun semangat berkomitmen dan konsisten untuk ikut memajuan perekonomian dan mensejahterakan para produsen lokal, serta memberikan keuntungan kepada perusahaan distributor dalam negeri kita, dengan memanfaatkan teknologi digital demi tercapainya Indonesia yang lebih baik di masa depan. Sementara itu, paparan melalui audio-visual tentang produk platform digital Trading@ccess diinformasikan bahwa Trading@ccess dengan motto “ Menjangkau yang Tak Terjangkau” membuka akses pasar Indonesia menuju Pasar Global, selama 24 Jam tanpa henti, setiap hari.

Digambarkan berbagai potensi yang dimiliki Indonesia. Di antaranya, Indonesia kaya hasil alam daratan dan lautan;Bahan baku mudah didapat;Letak strategis di jalur perdagangan; Murah dan biaya terjangkau, serta diminati oleh negara lain. Sayangnya ada beberapa kendala yang harus segera di atasi, seperti komoditas belum diolah maksimal, produktivitas terpusat di pulau besar, infrastruktur lamban, SDM terbatas, kurangnya pembinaan dan monitoring SDM, birokrasi berlapis dan tidak efisien, sistem permodalan yang masih minim, adanya praktek monopoli perdagangan dan desakan ekonomi global.

Indonesia sebagai negara industri, memerlukan adanya solusi inovasi melalui Trading@ccess dalam memberikan akses kemudahan jual beli online, bagi pasar industri dan perdagangan di Indonesia. Solusi Inovasi Trading@ccess merupakan layanan satu atap terpadu, penggerak stabilitas perekonomian 34 provinsi di Indonesia, melalui transaksi keuangan dan jual beli online yang lebih baik dan akurat. Manfaat yang didapat bila bergabung dalam Trading@ccess anatara lain:

Tiap Gapoktan memiliki akses jual beli online. Menghidupkan Koperasi Unit Desa. Memudahkan pemasaran dan pembelian pupuk organik maupun bibit unggul. Memudahkan pembelian alat pertanian. Memudahkan pemasaran hasil produksi. Meningkatkan produksi pertanian/perkebunan. Meningkatkan pendapatan dan ekonomi.
Mensejahterakan pertanian dan perkebunan Indonesia.

Melalui layanan produk pertanian dan perkebunan, Trading@ccess yang memposisikan bahwa petani adalah pengusaha, memberi ruang bagi para petani untuk mempromosikan produk-produk mereka, sekaligus meningkatkan daya beli hasil pertanian dan perkebunan di Indonesia. (Hardo Sukoyo)

This entry was posted in Umum and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *