Kopdit Bima Berbagi Kasih

Koperasi Kredit Bina Masyarakat (Kopdit Bima) menyerahkan bantuan masker berstandard di 4 Kabupaten di Kalimantan Barat (Kalbar) dalam rangka mendukung Pemerintah Daerah dan garda depannya menangani penyebaran Pandemi Covid-19 melaui Dinas Kesehatan di masing-masing wilayah.

Penyerahan bantuan masker dilaksanakan 3 kali yaitu pada 20, 21, 28 April 2020. Masker dari Kopdit Bima tersebut akan disalurkan kepada masyarakat melalui Satuan Tugas Covid-19.

Keempat Kabupaten yang meneriman bantuan yaitu; Kabupaten Melawi, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Sintang. Jumlah masker yang disumbangkan dalam kegiatan “Kopdit Bima Berbagi” kasih sebanyak 3000 lembar. Masker tersebut berstandard dan sudah lolos uji. Ke-4 kabupaten penerima bantuan masker merupakan wilayah kerja Kodit Bima yang memiliki kantor pelayanan 40 unit, tersebar di wilayah kabupaten tersebut.

Kegiatan penyerahan masker kali pertama dilakukan di Kota Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, yang diserahkan langsung oleh Manager Kantor Cabang Kopdit Bima Melawi, dan diterima secara simbolis oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi, Dr. Ahmad Jawahir sebanyak 500 lembar. Penyerahan ke-2 di Kota Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu sebanyak 500 lembar ini dilakukan oleh Deputi Regio 3 Kopdit Bima, Sugeng Mulyadi, S.E, didampingi General Manager (GM) Kopdit Bima, Yohanes Damianus Yudisto, Coop-Secretary Lilis Suryani, staf Departemen MBD, dan Manager Kantor Cabang Kopdit Bima Putussibau. Masker diterima oleh Agustina Rotua Pakpahan, S. Farm.,Apt selaku Kepala Seksi Farmasi, Makanan dan Minuman di Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu.

Kemudian yang ke-3 dilakukan di Kota Sekadau, Kabupaten Sekadau, sebanyak 500 lembar oleh Deputi Regio 1, Imus Yosmarjes,A.Md, didampingi Kepala Departemen MBD, Moses Jon Herodi, M.Si, Manager Kantor Cabang Sekadau, Fransiskus, dan staf ahli Departemen MBD, Willy Waltergandalf, S.S. Bantuan masker untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau ini diterima langsung oleh Bupati Sekadau, Rupinus, S.H,.M.Si di Kantor Bupati Kabupaten Sekadau.

Lalu yang terakhir dilaksanakan di Kota Sintang, Kabupaten Sintang. Ada sekitar 1500 lembar masker yang disumbangkan untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang. Mengingat Kabupaten Sintang merupakan basis Kopdit Bima, sumbangan diserahkan langsung oleh Ketua Pengurus Kopdit Bima, Kornelius Pujiono, S.E, didampingi GM, Coop-Secretary, dan beberapa staf Departemen MBD. Bantuan diterima secara simbolis oleh Wakil Bupati Sintang, Drs. Askiman, MM, disaksikan jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Kopdit Bima atas situasi yang sedang kita hadapi bersama. Kopdit Bima mendukung pemerintah daerah di 4 kabupaten willayah kerja kami dalam menangani pandemi Covid-19. Dampak Covid-19 dirasakan oleh kita semua. Kopdit Bima mendukung penuh upaya pemerintah dan masyarakat dalam mencegah
penyebaran pandemi yang semakin meluas. Juga aktif membantu pemerintah terkait penyampaian informasi yang akurat mengenai tata cara penanganan Covid-19 sesuai himbauan Pedmprov Kalbar,” jelas Kornelius Pujiono, seraya menambahkan bahwa Kopdit Bima tercatat sebagai Kopdit pertama di Sintang yang berbagi kasih bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat. Kopdit Bima berkomitmen selalu menjadi yang terdepan untuk bergerak membantu masyarakat.

Kopdit Bima, kata Yohanes, berharap bantuan masker sedikit banyak dapat membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 ini. Kedepan, Kopdit Bima ingin berperan aktif membantu masyarakat – anggota melalui pelayanan sebagai lembaga koperasi. Kopdit Bima yang telah ber-Badan Hukum No. 1555/BH/X/1955, pada tahun 2020 ini genap berusia 32 tahun, didirikan tepat pada hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1988. Tetap eksis karena terus berinovasi. Telah pula meluncurkan beberapa aplikasi layanan berbasis digital (fintech) seperti SAKTI.Link dan SAKTI.Pay. Istilahnya berkoperasi kekinian dan praktis, terutama bagi kaum milenial.

Hingga tahun 2020 Kopdit Bima memiliki 23 kantor cabang, 14 kantor cabang pembantu, 2 kantor kas dan 1 kantor pusat untuk melayani melayani 33.430 anggota (per 30 April 2020), dan 26.091 Nasabah (Pengguna Produk Non-Anggota). Beberapa penghargaan telah ditrima baik dari tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional yaitu dari Kementerian Koperasi & UKM RI tahun 2011 dan 2012, dari Gubernur Kalbar tahun 2003 dan 2010, dari Bupati Sintang tahun 1996 dan 2009, dan yang terbaru memperoleh penghargaan Paritrana 2020 (Jaminan Sosial dan Ketenagakerjaan) dari Gubernur Kalbar, Februari 2020 dalam kategori Perusahaan Menengah Terbaik Se-Kalimantan Barat.

(Kamilus Willy Waltergandalf,S.S.)

This entry was posted in Sajian Utama and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *