Koperasi Tankers Akan Mengurangi Hutang ke Bank

DSCN7439“Sekarang sudah tiba saatnya harus berani keluar kandang berburu di hutan belantara.” kata Jones Nababan penuh semangat. Maksudnya, lanjut dia, Koperasi Tankers tidak lagi hanya mencari proyek di lingkungan instansi induk – PT. Pertamina Perkapalan, tetapi harus berani bersaing secara bebas di belantara bisnis global. Koperasi Tankers membentuk usaha di bidang Tour and Travel dan mencoba Vendor di Kementerian Kelautan dan Kementerian Keuangan begitu juga di BUMN lainnya.

“Kami harus memulai untuk bisa mandiri. Kemandirian itu kami mulai usaha simpan pinjam, dulu simpan pinjam memakai dana dari Bank Syariah Mandiri sekitar Rp 30 milar (tiga puluh miliar rupiah), saat ini dana tersebut sudah bisa dikembalikan, sekarang kami mencoba dengan dana sendiri, sumbernya dari Iuran anggota dan ada anggota yang pensiun menyimpan dananya di koperasi berupa penyertaan diberikan jasa 9,6% per  tahun. Dana penyertaan itu cukup besar ada anggota pensiunan yang menyimpan uangnya di koperasi Rp 1 Miliar (satu miliar) sekarang sudah ada sekitar Rp 15 miliar (lima belas) jadi soal permodalan, tak masalah. Dana koperasi bisa diandalkan,” kata Jones meyakinkan. Simpanan wajib anggota Rp 300.000,- per bulan, totalnya sekitar Rp 9 miliar.

Pinjaman kepada anggota sebesar Rp. 17,610,385,000 adalah dana dari anggota dan pinjaman kepada anak perusahaan untuk modal kerja sejumlah Rp 6,6 miliar sudah memakai dana sendiri, namun untuk pinjaman untuk modal yang besar – besar kita masih memakai dana dari bank.

Keuntungan dari simpan pinjam memang kecil, hanya 0,2% dari dana penyertaan tapi dari dana iuran anggota yang berupa simpanan wajib dikenakan anggota yang minjam 1% per bulan. Pinjaman untuk anggota, jika ada anggota pinjam Rp 500 juta bisa dilayani dengan cepat, bahkan untuk anak perusahaan yang menjadi andalan bisnis Koperasi Tankers selama ini, yaitu PT Tanker Mandiri, PT. Perta Samudera dan PT Tanker  Samudera Mandiri, maka dana–dananya disalurkan kepada anak perusahaan sehingga setiap akhir tahun buku sisa hasi lusaha (SHU-nya) selalu bisa memenuhi target yang direncanakan.

Meski diakui, SHU sedikit menurun dari tahun sebelumnya (2014) yang mencapai Rp7,8 miliar, tahun 2015 hanya mencapai kisaran Rp 6,3 miliar. Dalam kondisi ekonomi yang melambat, untuk mencapai Rp 6,3 miliar juga tidak mudah. Namun, diprediksi tahun 2016 diusahakan menaik kembali dan menguatkan akar binis supaya bisa tahan menghadapi gejolak ekonomi yang saat ini melanda Indonesia maupun Negara Asean .

Sekarang, kata Jones, sedang membuat planning prioritas, ke depan mengurangi ketergantungan dengan pihak bank, membuat “bank” sendiri dengan menggali potensi anggota, melakukan reorganisasi guna memperkuat struktur kelembagaan anak-anak perusahaan, dan meningkat kan kualitas sumber daya manusia (SDM). “Kami percaya program ini akan jalan karena tadinya biaya bunga yang dikeluarkan untuk pinjaman ke Bank akan berkurang dan dengan sendirinya penambahan pendapatan buat koperasi. Rencana ini tidak mudah karena akan ada pengketatan disisi pengeluaran maupun biaya – biaya harus tepat sasaran dan pengkajian yang lebih detail dan terperinci,” jelasnya.

Pengembangan usaha telah dilakukan dengan adanya toko koperasi. Yang saat ini sudah ada di Jalan Walang baru di daerah Tanjung Priok yang lokasinya bukan di sekitar perkantoran tapi di lingkungan masyarakat. Untuk itu telah menjalin kerja sama dengan Koperasi YKK. Direncanakan tahun 2016 akan menambah satu toko lagi, tujuannya sekaligus investasi. Pemikirannya, beli toko harganya Rp2 miliar, 5 tahun kemudian diperkirakan harganya sudah naik menjadi sekitar Rp 4 miliar. Jadi, dapat keuntungan ganda. Dari kenaikan harga tanah dan bangunan, juga dari usaha toko itu sendiri. Yang tak kalah penting, bisa menyerap tenaga kerja, sehingga ikut berperan mengurangi pengangguran. Karena program ini butuh dana cukup besar, sebagian, paling banyak 50% akan pinjam ke bank.

Pak Jones TankersSejahtera tak hanya diukur dari besamya SHU yang diterima anggota, sejahtera tidak hanya dengan uang. Dicontohkan,karyawan lepas pada umumnya, gajinya kecil. Karena  mereka dari keluarga sederhana, sekolahnya sampai SLTA. Jika mereka menjadi anggota koperasi, dan ingin melanjutkan kuliah, bisa dibantu. Pinjam  di koperasi dengan jasa rendah.bisa melanjutkan kuliah, hatinya senang, sejahtera. Mau ibadah ke tanahsuci, naikhaji – umrah, atau ke Yerusalem, koperasi memberikan pinjaman dengan bunga ringan. Koperasi sendiri punya program memberangkatkan anggota ibadah ke tanah suci. Untuk tahun buku 2014 ada 5 orang yang telah berangkat umrah, dan 2 orang ke Yerusalem atas biaya lembaga. Dananya diambil dari dana sosial yang disisihkan 5% dari SHU. Untuk tahun buku 2015 direncanakan untuk umroh 6 orang, ke Jerusalem 1 orang.

Mereka tidak pernah mimpi bisa ke tanah suci umrah, atau keYerusalem. Ketika dikasih tahu mereka menangis, bahagia. Bathinnya sejahtera. Agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial, mereka yang diberangkatkan ke tanah suci, sudah melalui seleksi sangat ketat, berdasarkan kreteria yang ditentukan oleh pengurus. Sisi positifnya,orang berkoperasi itu tahu manfaatnya. Lalu, timbul rasa memiliki, punya rasa tanggung jawab, loyalitaspun semakin tinggi. Biasanya, kalau suami berangkat umrah, atau ke Yerusalem, isterinya juga mau ikut. “lni baru bayar. Koperasi menyediakan pinjaman ringan –bunga murah ,hanya 9,6% per tahun. .Padahal bunga bank14% pe rtahun.  Biaya umrah sekitar Rp 23 juta bisa diangsur selama 2 tahun. “Kalauhanya mengharapkan dari gaji, maaf, sampai kapan  pun tidak bisa umrah. Gaji petugas kebersihan dan satpam kecil. Meminjam istilah agama, koperasi ingin menyelamatkan dunia akhirat,” kata Jones Nababan.

Koperasi Tankers telah berhasil memadukan potensi, sumberdaya ,dan memacu etos kerja membangun koperasi, sehingga Koperasi Tankers menjadi salah satu koperasi besar di Indonesia, maka dibangunlah system ,dipersiapkanlah tenaga-tenaga muda profesional ,dan pebisnis yang baik melalui pendidikan .”Mungkin, anak-anak muda itu lebih potensial.. Yang masih perludi benahi, segi emosional, controlling dan pengawasan.  Saya hanya bisa berencana ,Tuhan yang menentukan, berhasil atau tidak,” kata Jones merendah. (adt)DSCN7439

This entry was posted in Umum and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *