Langkah Mempersiapkan Pilihan Bisnis

Melihat perkembangan ekonomi yang semakin menantang, sudah saatnya kita memulai untuk membangun bibit-bibit muda untuk memperkuat perekonomian Indonesia. Dengan beberapa tokoh nasional serta dukungan Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Universitas Airlangga menyelenggarakan acara Jambore Pengusaha Muda Labirin 2018 yang diadakan pada 10-11 Februari 2018 di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.

Jambore Labirin 2018 ini diisi dari beragam tokoh nasional seperti Chairul Tanjung, CEO dari CT Group, Eko Cahyono CEO Perpustakaan Bangsa, Isma Nachu, Ketua ICMI Jawa Timur, Dr. Irmadita CEO AIOLA, Hendi Setiono, CEO BABA RAFI, Harianto Albar, Peraih Penghargaan Satu Indonesia Award 2012 di Astra International Award dan pengusaha muda lainnya yang berkontribusi sebagai pembicara antara lain; Satra Wicaksono,  CEO PT Sisco, Ayu Mega, Creative Designer Batikan.co. Drg. Edra Brahmantya, CEO Mooi Dental Care, Rachmad Harmoko, CEO PT Graha Kasiba Perkasa, serta pengusaha muda lainnya.

Acara lain yaitu Businness Plan Labirin 2018. Acara tersebut merupakan sebuah kompetisi membuat rencana bisnis yang berhadiah modal usaha sampai Rp50 juta. Baru membuat rencana bisnis saja sudah bagus, apalagi jika ditambah dengan modal usaha. Tentunya akan sangat menguntungkan untuk pengusaha yang baru terjun ke dunia bisnis. Keuntungan dari mengikuti acara tersebut selain mendapati pelajaran tentang socialpreneur juga mendapatkan fasilitas; E-sertifikat, license basic entrepreneurship training, e-book Labirin Networking, serta e-book tentang How to Improve You Business.

Acara bergengsi khusus para pengusaha ini bertema; ”Terbinanya Semangat Kewirausahaan Berbasis Ekonomi Kerakyatan sebagai Solusi Kesenjangan Ekonomi Masa kini” yang berarti mencari para pemuda maupun pemudi Indonesia yang sadar bahwa berwirausaha bukan sekadar mencari keuntungan. Tetapi sebagai salah satu tanggung jawab untuk mengembangkan perekonomian Indonesia semakin baik lagi.

Tak bisa ditolak lagi bahwa saat ini bisnis usaha kecil menengah (UKM) menjadi salah satu bisnis yang paling populer. Persaingan yang semakin ketat dari masa ke masa membuat bisnis UKM menjadi salah satu tantangan besar bagi pengusaha yang baru merintisnya. Banyak yang beranggapan hasil yang didapat dari bisnis UKM cukup bersaing dengan bisnis besar lainnya, apalagi hanya membutuhkan modal yang kecil untuk dapat memulainya.

Selain untuk mengejar target keuangan, bisnis UKM juga bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran yang menawarkan berbagai pengalaman menarik dan belum pernah didapatkan. Tak heran kalau banyak orang mulai terjun sebagai pengusaha bisnis UKM. Banyak orang sudah menjadikan bisnis UKM sebagai investasi masa depan yang cukup baik.

Dengan melakukan berbagai cara untuk memulai, bisnis UKM menjadi semakin populer dari tahun ke tahun dan populasinya semakin meningkat. Hal tersebut menjadi hal yang positif. Sebab semakin banyaknya pengusaha yang tumbuh, akan semakin maju sebuah negara, apalagi kalau usaha yang dijalani sukses dan memperoleh banyak keuntungan.

Karena pasar yang mulai ramai akan persaingan dan banyaknya produk produk pesaing, Anda perlu memperhitungkan lebih jauh lagi mengenai perolehan keuntungan. Anda dapat memulai berbagai rangkaian strategi demi kelancaran menjalankan bisnis UKM. Semua bisa dicapai dengan perencanaan yang matang dan dapat diterapkan dengan mudah. Beberapa cara dapat dilakukan untuk memulai bisnis UKM mulai dari hal kecil hingga besar. Jika Anda bingung apa strategi yang tepat untuk meningkatkan keuntungan bisnis UKM, berikut adalah sejumlah caranya:

Perencanaan Bisnis

Kesalahan paling umum ketika membuat rencana bisnis, tidak tertulis.Ini adalah kesalahan paling umum dilakukan pengusaha ketika membuat rencana bisnis. Wajar saja, mereka ingin segera merealisasikannya. Apalagi ketika mereka memiliki gagasan yang memungkinkan mereka bisa sukses besar. Benjamin Franklin mengatakan “if you fail to plan, you are planning to fail!” dan itulah yang dilakukan hampir setiap bisnis, dimulai tanpa rencana bisnis: kegagalan. Jadi, Anda harus menuliskan rencana bisnis Anda.

Pada dasarnya sebuah rencana bisnis adalah solusi untuk masalah, masalah yang akan mengubah visi dari bisnis yang sukses menjadi kenyataan. Jadi, kenapa Anda menyiapkan rencana bisnis? Apakah itu untuk membujuk pemberi pinjaman pontensial memberikan pinjaman bisnis? Menarik investor? Mencari tahu apakah ide bisnis baru Anda benar-benar bisa mengubah bisnis menjadi kenyataan? Atau, sebagai cetak biru bagi sebuah startup yang sukses?

Tujuan dari rencana bisnis Anda akan mempengaruhi segala sesuatu dari sejumlah penelitian yang harus Anda lakukan. Apakah rencana bisnis ini sudah selesai atau ada yang harus dilakukan lagi? Sebuah bisnis yang sukses harus membuat keuntungan. Berencana menjual sesuatu bukan lah model bisnis. Model bisnis adalah rencana untuk menghasilkan pendapatan lebih dan di atas pengeluaran Anda.

Sebaiknya riset atau penelitian dimasukkan ke dalam rencana bisnis Anda. Setiap bagian dari rencana bisnis akan membutuhkan riset. Untungnya, saat ini riset atau penelitaian tersebut dapat dilakukan secara online. Anda dapat memiliki produk atau layanan terbaik untuk dijual, tapi akan menjadi masalah jika tidak ada yang mau membelinya. Itulah kenyataan pasar yang tak bisa ditawar. Jadi sangat penting memarketingkan, menguji produk atau jasa Anda sebelum mulai menjualnya. Jadi, kondisi nyata di pasar harus masuk ke dalam rencana bisnis Anda.

Anda perlu mencari tahu siapa pesaing dan menjelaskan secara detail bagaimana Anda akan melawan mereka untuk memenangkan pangsa pasar. Anda harus memastikan dan mempertimbangkan semua kompetisi. Jangan hanya memikirkan satu pesaing tapi semuanya, besar dan kecil. Tapi bukan berarti Anda harus memasukkan semua daftar pesaing potensial Anda dalam rencana bisnis dan menjelaskan bagaimana Anda akan memenangkan persaingan dengan mereka. Anda harus juga menjelaskan bagaimana Anda akan berurusan dengan potensi ancaman dari setiap kompetisi.

Riset Pasar

Riset pasar memberikan pengusaha gambaran tentang jenis produk dan layanan baru yang mungkin memberikan keuntungan. Untuk jenis produk dan layanan yang sudah tersedia, riset pasar bisa memberitahukan perusahaan apakah mereka berhasil memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. “Gagal melakukan pasar riset sebelum memulai bisnis atau selama bisnis beroperasi seperti menyetir sebuah mobil dari Texas ke New York tanpa peta atau rambu lalu lintas,” kata William Bill dari Design Group LLC di Houston.

“Rencana riset pasar yang baik mengindikasikan ke mana dan siapa pelanggan kita. Rencana itu juga akan mengatakan kapan konsumen kemungkinan besar akan membeli produk atau menggunakan layanan kita,” imbuhnya. Tujuan dari riset utama adalah untuk mengumpulkan data dari analisa penjualan terkini dan efektivitas praktik penjualan. Riset utama juga memasukkan kompetitor dalam perhitungan sehingga memberikan kita informasi mengenai kompetisi yang kita jalani.

Riset utama mencakup: Wawancara (baik melalui telepon atau bertatap muka), Survei (online atau email), Kuisioner (online atau email), Focus group dengan mengumpulkan sampel klien atau konsumen potensial dan meminta masukan langsung dari mereka. Contoh beberapa pertanyaan penting mencakup: Faktor apa yang Anda pertimbangkan ketika membeli produk atau layanan ini? Apa yang Anda sukai dan tidak sukai dari produk atau layanan yang kini beredar di pasar? Hal-hal apasaja yang menurut Anda harus diperbaiki? Berapa harga yang tepat untuk produk atau layanan ini?

Riset sekunder: tujuan dari riset sekunder adalah untuk menganalisa data yang telah dipublikasikan. Dengan data sekunder, kita bisa mengidentifikasi kompetitor, menetapkan tolok ukur dan mengidentifikasi segmen target. Tidak ada bisnis kecil yang bisa sukses tanpa pemahaman tentang konsumen, produk, layanan, dan pasarnya secara umum. Kompetisi sering kali kejam dan beroperasi tanpa melakukan riset memungkinkan kompetitor mengambil keuntungan dari kita.

Ada dua kategori jenis pengumpulan data: kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif menggunakan analisis matematika dan membutuhkan sampel dalam jumlah besar.Hasil pengolahan data tersebut menjelaskan perbedaan signifikan secara statistik.Satu tempat untuk menemukan hasil kuantitatif adalah web analitik.

Adapun metode kualitatif membantu kita mengembangkan dan menyempurnakan metode riset kuantitatif. Metode ini bisa membantu para pemilik usaha menemukan masalah dan sering kali menggunakan metode wawancara untuk mempelajari opini, nilai, dan kepercayaan konsumen. Metode riset kualitatif biasanya menggunakan sampel berukuran kecil.

Banyak pemilik bisnis baru yang sering kali kekurangan waktu dan uang mengambil jalan pintas yang justru menyerang balik mereka. Berikut tiga hal yang harus dihindari pemilik bisnis: Hanya menggunakan riset sekunder. Bergantung pada hasil riset pihak lain tidak akan memberikan gambaran sepenuhnya. Riset sekunder bisa menjadi awal yang baik, tapi tentu informasi dari riset ini mungkin tidak baru. Kita bisa kehilangan faktor yang relevan dengan bisnis kita.

Hanya menggunakan sumber web. Ketika kita menggunakan mesin telusur untuk mengumpulkan informasi, kita hanya mendapatkan data yang tersedia bagi semua orang dan belum tentu sepenuhnya akurat. Untuk melakukan pencarian lebih dalam dengan bujet yang kita miliki, gunakan sumber dari perpustakaan, kampus, atau sentra bisnis kecil di area kita.

Melakukan survei hanya pada orang-orang yang dikenal. Pemilik bisnis kecil terkadang hanya mewawancara anggota keluarga atau kolega dekat ketika melakukan riset. Sayangnya, teman dan keluarga sering kali bukan obyek survei terbaik. Untuk mendapatkan informasi akurat dan berguna, kita harus berbicara dengan konsumen yang sebenarnya tentang kebutuhan, keinginan, dan ekspektasi mereka.

Sebuah pepatah mengatakan, “Buatlah sebuah rencana jika kamu tidak ingin gagal. Jika kamu gagal membuat sebuah rencana maka kamu sejatinya sedang merencanakan sebuah kegagalan!” Jadi, menurut Anda apakah menyusun rencana bisnis itu penting? Perencanaan merupakan salah satu bagian yang paling penting ketika menjalankan sebuah bisnis. Tidak peduli apakah itu sebuah bisnis multinasional yang berencana untuk ekspansi, atau sebuah bisnis kecil yang berusaha meluncurkan produk terbaru yang menarik.

Sangat mudah untuk memulai sebuah proyek, tapi tanpa perencanaan yang matang itu seperti berjalan ke tempat asing tanpa berbekal peta. Pada akhirnya mungkin Anda akan mencapai tujuan tersebut, tapi jangan kaget jika dalam perjalanannya Anda tersesat. Banyak pemilik bisnis kecil yang mengabaikan sebuah perencanaan, terutama jika Anda adalah satu-satunya orang dalam perusahaan. Alasannya sangat sederhana, proses perencanaan dapat memakan waktu.

Bagi pemilik bisnis kecil, waktu yang dihabiskan untuk perencanaan bisa berarti kehilangan pendapatan. Padahal manfaat dari perencanaan yang baik akan jauh lebih besar daripada  kerugian pendapatan sementara. Manfaat perencanaan bisnis lainnya adalah sebagai referensi bagi Anda untuk kembali fokus pada sebuah proyek. Kelak hal itu dapat Anda gunakan untuk memeriksa apakah Anda telah melenceng terlalu jauh dari tujuan utama.

Menulis sebuah rencana bisnis juga akan membantu Anda berpikir lebih analitis dari pada sebelumnya mengenai industri dan peran Anda di dalamnya. Dengan demikian Anda bisa melihat korelasi antara bagian-bagian yang berbeda dari bisnis. Misalnya bagaimana mengurangi biaya proses tertentu akan mempengaruhi margin keuntungan Anda secara keseluruhan.

Nilai dari rencana bisnis tidak diragukan lagi. Menempatkan ide-ide dan konsep-konsep di atas kertas akan sangat berharga, dan tindakan untuk meneliti dan menyusun data mengenai pesaing dan pasar Anda akan terbukti sangat berguna di tahun-tahun mendatang.

Pemasaran Dua arah

Mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lewat promosi memang menjadi salah satu jalan yang dapat ditempuh. Pemasaran dua arah jadi cara ampuh mengingat saat ini pun zaman semakin berkembang dengan masifnya perkembangan dunia digital. Tentunya hal ini akan mempermudah Anda untuk melakukan pemasaran. Ada dua cara yang bisa ditempuh untuk memasarkan bisnis yang Anda kelola dan keduanya pun bisa dilakukan secara bersamaan.  Pertama adalah pemasaran secara konvensional dan yang Kedua adalah pemasaran online. Cara kedua paling diminati karena membutuhkan modal kecil dan perolehan yang didapat cukup besar.

Promosi yang Tepat

Banyak yang bilang melakukan promosi membutuhkan sebuah pengalaman. Namun, bukan berarti Anda yang masih pemula tidak dapat memulainya. Menarik minat publik agar bisnis UKM dapat dilihat memang bukan perkara mudah. Sebab sudah meyangkut masalah minat masing-masing. Anda dapat membuat minat orang berubah dan juga bisa membuat orang semakin meminati bisnis Anda. Lewat promosi yang tepat, Anda dapat melakukannya. Pilihlah sistem promosi dan rencana promosi yang sekiranya tepat untuk bisnis Anda. Jangan memaksakan agar nantinya Anda dapat dengan lepas menjalankannya.

Dewasa ini, internet telah menjadi alat yang ampuh bagi bisnis untuk memengaruhi pelanggan dan memasarkan bisnis tanpa peduli seberapa besar skala bisnis dan seberapa luas pelanggan yang ingin dijangkau. Pelanggan mengandalkan internet tidak hanya untuk mencari solusi yang sesuai dengan kebutuhan pribadi atau bisnis mereka, tetapi juga untuk melakukan transaksi online dengan nyaman baik dari rumah maupun kantor.

Di Indonesia sendiri, sekitar 68,7% dari 88,1 juta pengguna internet mengakses internet untuk mencari informasi. Hanya 11% pengguna internet yang mengakses internet untuk melakukan belanja online. Memang tidak semua orang yang melakukan pencarian di internet punya tujuan mencari tahu informasi tentang barang dan jasa. Namun begitu, pebisnis tetap memiliki peluang untuk menarik pengunjung ke website dan membuat mereka melakukan pembelian. Dengan kata lain, pebisnis bisa mengubah mereka dari sekadar pengunjung menjadi pelanggan.

Lantas, bagaimana cara mengonversi klik menjadi penjualan atau mengubah pengunjung menjadi pelanggan? Sajikan informasi yang berlimpah namun tetap relevan. Menyajikan informasi tentang fitur-fitur produk atau layanan yang paling menarik dan unik akan membantu pebisnis berkomunikasi dengan calon pelanggan.

Jangan penuhi beranda Anda dengan hal-hal yang tidak penting. Sampaikan pesan kunci Anda dengan jelas menggunakan kata sesedikit mungkin. Gunakan penjelasan yang ringkas, subjudul, poin-poin, dan paragraf pendek. Gunakan format standar satu kolom agar lebih mudah dibaca.

Penting bagi pebisnis untuk memastikan bahwa website mereka mudah digunakan. Menu dan navigasi pada website harus dibuat semudah mungkin, menyajikan semua informasi yang dibutuhkan pelanggan sesederhana mungkin dengan hanya beberapa klik. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat header image di beranda berupa hyperlink yang bisa mengarahkan pelanggan ke halaman tertentu dari sebuah website. Misalnya, jika Anda memiliki situs pemesanan tiket pesawat, Anda bisa membuat header image berisi informasi penting tentang penawaran yang diberikan.

Gambar tersebut dapat terhubung langsung ke halaman pemesanan. Ketika diklik, pelanggan akan dibawa ke laman di mana mereka bisa mendapatkan semua rincian informasi tentang penawaran dan melakukan pemesanan tiket hanya dengan beberapa langkah mudah. Less is more adalah aturan utama dalam berjualan online. Ini berarti semakin sedikit pelanggan harus melakukan klik, maka akan lebih baik.

Menciptakan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis online bisa menjadi sebuah tantangan. Dalam dunia online, website akan mewakili Anda bercerita kepada pelanggan. Oleh karena itu, menunjukkan kredibilitas dan kapabilitas dalam websiteakan membantu menimbulkan kepercayaan pengunjung.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki bisnis penginapan, maka website Anda dapat menunjukkan kamar yang ditawarkan melalui galeri. Website juga dapat memiliki halaman “tentang kami” yang menjelaskan semua aspek bisnis, berisi informasi mengenai layanan yang ditawarkan, serta menampilkan ulasan dari media dan klien. Dengan demikian orang-orang yang mengunjungi website akan tahu sebanyak mungkin tentang penginapan tersebut dan dapat menilai kredibilitas Anda.

Jika website Anda menawarkan pilihan belanja online, maka penting untuk membuat pelanggan percaya bahwa mereka dapat dengan aman melakukan transaksi di website Anda. Kepercayaan ini dapat dibangun dengan menggunakan sistem pembayaran yang terbukti aman. Anda juga bisa menaruh umpan balik dan review dari pelanggan di website. Hal ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan melalui transparansi dan keterlibatan pelanggan.

Memilih nama domain yang tepat dapat membantu kesuksesan bisnis online. Langkah awal penting untuk menjalankan bisnis di internet adalah dengan memilih dan mendaftarkan nama domain (alamat web). Nama domain dapat digunakan untuk mewakili brand dan identitas perusahaan di internet.

Untuk membantu meningkatkan visibilitas dan membangun brand secara online, pilihlah nama domain yang bermakna dan daftarkan sesegera mungkin. Dengan sedikit perencanaan yang strategis, Anda dapat mengembangkan bisnis Anda. Ketika Anda sudah bekerja keras menarik orang-orang mengunjungi website, apa yang lebih penting daripada mengubah mereka dari hanya sekadar pengunjung menjadi pelanggan?

Pelayanan Baik Terhadap Pelanggan

Menjadi hal wajib yang harus dilakukan setiap pengusaha untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin demi memuaskan pelanggan. Sebab pembeli adalah raja. Tiap pelanggan memiliki nilai sendiri dari produk Anda yang nantinya akan berbuah sebagai hasil yang positif, bahkan bisa juga negatif. Dengan memberikan pelayanan terbaik pada setiap pelanggan, nama bisnis UKM Anda akan semakin dikenal lewat mulut ke mulut. Hal tersebut adalah salah satu promosi gratis yang bisa didapatkan.

Sudah ada banyak kasus yang menjadikan sarana mulut ke mulut sebagai promosi tepat untuk mendukung bisnis UKM. Itu pun terbukti sukses. Kalau Anda ingin mengikuti jejak mereka, ada baiknya untuk selalu memberikan pelayanan terbaik setiap saat. Meraih keuntungan besar lewat bisnis UKM adalah impian setiap orang. Selain memberikan peluang sebagai seorang pengusaha, Anda juga dapat merencanakan hal lain yang lebih besar ke depannya. Keuntungan yang didapat dari bisnis UKM bisa menjadi modal dukungan yang paling baik untuk rencana Anda tersebut.

Sebuah investasi yang cukup menjanjikan akan berbuah manis nantinya. Walaupun pastinya banyak rintangan yang harus dihadapi terlebih dahulu, tetaplah berpegang kepada komitmen dan strategi yang telah Anda rencanakan sebelumnya. Memulai sebuah bisnis tanpa pengalaman bukanlah sesuatu yang menakutkan. Karena, keberhasilan seorang pengusaha itu bukan hanya dari pengalamannya saja, tapi mereka juga biasanya termotivasi, bersemangat, dan pekerja keras.

Sebelum memulai bisnis, sebaiknya Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu. Hal tersebut penting untuk dilakukan untuk memastikan apakah ada pasar untuk produk atau jasa yang Anda tawarkan. Apakah situasi pasar memungkinkan untuk meluncurkan produk atau jasa Anda. Selain itu, riset pasar diperlukan untuk mengetahui pesaing. Apakah Anda bermain sendiri di segmen tersebut atau sudah ada pemain lain, seperti apa kekuatan dan kelemahan mereka, apa keunggulan Anda dibandingkan pesaing, apakah ada unique selling point dari ide bisnis Anda.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut memerlukan riset marketing yang luas untuk memastikan Anda memiliki sebuah ide yang bisa diubah menjadi keuntungan. Memilih lokasi yang tepat. Seperti kita ketahui peraturan tentang  kewirausahaan di beberapa daerah berbeda-beda. Beberapa daerah bisa sangat ramah, bahkan sangat mendukung tumbuh kembangnya kewirausahaan. Tapi, di daerah lain ada juga yang membuat peraturan yang bisa membuat bisnis Anda berhenti dalam waktu cepat. Jadi, pilihlah lokasi mana yang ingin Anda jadikan sebagai markas bisnis Anda.

Dari setiap bisnis yang sukses, rencana bisnis merupakan unsur yang penting. Pada dasarnya, rencana bisnis ini seperti blue print dari bisnis masa depan Anda. Banyak bisnis yang tak memiliki rencana bisnis yang kemudian gagal. Nah, Anda bisa menghindarinya dengan membuat rencana bisnis. Anda harus menganggap rencana bisnis ini sebagai kebutuhan mutlak untuk keberhasilan bisnis.

Pekerjakan orang yang tepat. Setelah memastikan ide bisnis brilian Anda memiliki potensi pasar dan permintaan yang dapat menguntungkan, memiliki lokasi yang strategis, dan rencana bisnis yang tepat, alangkah baiknya jika Anda memiliki tim yang siap bekerja keras untuk membuat ide bisnis Anda menjadi kenyataan.  Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk merekrut orang-orang yang tepat sesuai nilai-nilai perusahaan. Namun, proses perekrutan sering kali tak semudah yang dibayangkan. Karena, bagi mereka yang tak memiliki latar belakang pengalaman dalam berbisnis biasanya kesulitan. (damar)

This entry was posted in Kiat Sukses and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *